Rekomendasi 15 Desain Kolam Renang Minimalis

Memiliki kolam renang pribadi di rumah tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau kamu tinggal di kota yang bercuaca panas dan gersang. Adanya kolam renang akan membuat kamu bisa berendam sambil menikmati quality time di rumah. Namun sayangnya, hal yang membuat tidak semua orang bisa memiliki kolam renang adalah keterbatasan lahan. Minimal untuk menghadirkan kolam renang minimalis sekalipun, butuh setidaknya ukuran 3 x 7 meter demi kenyamanan gerak.

Tapi bagaimana kalau lahan yang tersedia di rumah kamu sempit? Tenang saja, kamu bisa membuat kolam renang cantik di rumah mungilmu dengan mengaplikasikan beberapa pilihan desain kolam renang minimalis berikut ini:

1. Desain Kolam Renang Minimalis Nuansa Tropis

Kalau kamu menyukai suasana tropis seperti pantai, bisa pula membuat desain kolam renang berbentuk kotak dengan tambahan area decking kayu di pinggir kolam untuk bersantai.

Kamu bisa meletakkan beberapa bangku untuk berjemur, ditambah payung besar sebagai peneduh dari sengatan matahari untuk menambah kesan tropis.

Kesan tropis akan semakin terasa jika kamu menambahkan furniture berwarna cerah serta tanaman sebagai hiasan. Kamu juga bisa menambahkan pasir pada desain kolam renang pribadi kamu tersebut. Pasir bisa diletakkan di dasar kolam ataupun area sekitar kolam renang.

2. Sejukkan Pandangan dengan Ornamen Air Terjun

Desain kolam renang dengan tambahan air terjun (waterfall) atau juga air mancur bisa menambah keindahan kolam renang pribadimu. Akan lebih baik lagi jika kamu gunakan batu alam untuk membuatnya tampak natural.

Untuk pilihan batuan, kamu bisa hadirkan jenis batu andesit, batu candi, ataupun batu paras Jogja untuk mendapatkan kesan etnik yang unik.

Kemudian agar estetika lebih menonjol, letakkan air terjun di pinggir sisi kolam atau di dinding pembatas kolam renang.

3. Desain Kolam Renang Minimalis dengan Finishing Mosaic

Desain finishing mosaic akan sangat cocok diterapkan pada kolam renang. Gunakan mosaic berukuran kecil atu sedang, misalnya mosaic berukuran 3 cm, 5 cm, 6 cm, 7 cm, atau maksimal  8.5 cm. Mozaic berukuran kecil atau sedang lebih cocok digunakan pada kolam renang minimalis.

Desain ini akan mambuat kolam renang tampak mewah, dengan air yang terlihat jernih seperti kaca. Dan yang pasti memberikan kenyamanan saat digunakan. Kamu bisa mencoba menggunakan mosaic kuda laut mas atau venus tile.

4. Desain Kolam Renang Minimalis dengan Taman Mini

Kolam renang dengan taman mini di sekelilingnya juga bisa jadi pilihan yang tepat. Terutama buat kamu yang senang berkebun atau penyuka tanaman. Menggabungkan kedua hobi ini tentu akan memberikan suasana yang menarik dan berbeda.

Kamu bisa menikmati dua hobi sekaligus, berenang sambil menikmati pemandangan kebun mini. Kamu bisa menanam berbagai tanaman yang sesuai dengan seleramu. Bahakan kamu bisa membuat kebun bunga, kebun buah atau malah kebun sayuran.

Kamu juga bisa menanam rumput di sekitar kolam sebagai batas kolam dan tanaman-tanamanmu, seperti gambar di atas. Cantik, bukan?

5. Desain Kolam Renang Minimalis di Dalam Ruangan

Umumnya kolam renang dibuat di luar ruangan, namun untuk alasan tertentu seperti cuaca dan privasi kolam renang bisa dibangun di dalam ruangan. Terutama jika kamu menginginkan kolam renang yang memberikan privasi penuh. Seperti gambar di atas, bisa jadi pilihan yang tepat.

Hanya saja untuk membangun kolam renang indoor, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti lokasi kolam, luas tempat, bentuk bangunan, serta cahaya sinar matahari agar ruang kolam tidak selalu dalam keadaan lembab.

6. Suasana Temaram dengan Lampu dan Lentera Lilin di Malam Hari

Kalau kamu penyuka suasana romantis, desain kolam renang minimalis dengan lampu dan lentera lilin di malam hari akan cocok untuk kamu. Kamu bisa memasang instalasi lampu taman berbentuk lentera yang unik di pinggir kolam.

Nyala lampu yang redup sebagai pencahayaan di malam hari akan memberikan kesan romantis dan rasa nyaman. Akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu dikolam renang, setelah lelah bekerja seharian.

7. Nuansa Kayu di Bagian Decking Kolam Renang

Desain kayu untuk bagian decking kolam akan menambah esensi kehangatan pada kolam renang pribadimu. Selain itu juga memberikan sentuhan estetika naturalis.

Kamu bisa menggunakan WPC atau material solid wood dengan ulin wood atau juga merbau. Material wood deck tersebut telah terbukti memiliki ketahanan jangka panjang, baik dalam cuaca panas atu hujan. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya kamu menggunakan jasa decking kolam renang profesional.

8. Bergaya Kontemporer yang Didominasi Kaca

Untuk kamu yang memiliki rumah bergaya modern, desain kolam renang dengan gaya kotemporer seperti ini cocok untuk diterapkan di rumahmu. Manfaatkan dinding rumah yang menggunakan elemen kaca, untuk menimbulkan kesan mewah seperti gambar di atas.

Desain kotemporer menambah suasana alami pada rumah modernmu. Selain itu juga akan menyempurnakan estetika hunian milikimu secara keseluruhan.

9. Menyatu dengan Elemen Batu Alam

Desain kolam renang mungil seperti gambar diatas cocok untuk kamu yang suka suasana alami. Penambahan elemen batu bata atau batu alam lainnya di sekitar kolam akan mempercantik tampilan kolam renang pribadi di rumahmu.

Tambahkan pula beberapa tanaman hias untuk memperkuat kesan alaminya.

10. Desain Kolam Renang Minimalis dengan Sistem Skimmer

Secara umum terdapat dua sistem pengairan kolam renang, yaitu sistem skimmer dan overflow. Sistem skimmer mengunakan skimmer box yang dipasang di bagian bibir kolam renang.

Fungsinya sebagai pengatur sirkulasi, penyaring kotoran besar di kolam, serta sebagai vacuum ketika perawatan kolam renang dilakukan. Kelebihan sistem ini adalah perawatannya yang lebih mudah.

11. Desain Kolam Renang Minimalis dengan Sistim Over flow

Pada sistem over flow, sirkulasi air dalam kolam renang menuju ke segala arah. Sehingga air melimpah ke bibir kolam. Kolam renang tipe ini memiliki parit atau drainase tempat jalannya aliran air menuju balancitank.

Overflow bisa dibuat flat ataupun berupa air terjun, sehingga bisa diatur desain yang unik. Selain itu airnya pun tampak lebih jernih. Kekurangan sistem ini adalah perawatannya yang lebih, terutama di bagian balancitank.

Balancitank harus selalu dalam keadaan penuh, sehingga harus sering dilakukan pengecekan. Selain itu, sistem over flow juga memerlukan lahan yang lebih luas.

12. Percantik dengan Tambahkan Tempat Bersantai Mungil

Berenang memang termasuk bagan dari berolahraga, namun kehadiran kolam renang dalam rumah juga bisa digunakan sebagai area relaksasi, bersantai bersama teman atau keluarga di akhir pekan.

Untuk menciptakan nuansa bersantai, kamu bisa menambahkan aksen pendukung sepeti kusi malas atau ayunan  di pinggir kolam. Penambahan payung pantai seperti gambar diatas juga bisa menambah kesan santai seperti di pantai.

13. Desain Kolam Renang Minimalis Melengkung

Kalau kamu bosan dengan bentuk kolam renang standar persegi panjang; kamu bisa mencoba menerapkan desain kolam renang melengkung atau setengah bulat seperti gambar diatas.

Untuk pendukung keunikannya, kamu bisa menambahkan batu-batu alam serta tanaman hias yang memberikan kesan alami dan menenangkan.

14. Desain Kolam Renang Minimalis dan Langsing

Kalau kamu lebih fokus pada penggunaan kolam renang untuk berolahrag ketimbang bersantai, kolam renang model narrow seperti diatas akan cocok untuk kamu.

Desain memanjang dengan lebar yang disesuaikan dengan kenyamanan gerakmu akan memberikan fungsi yang maksimal untuk berolahraga.

15. Desain Kolam Renang Minimalis Seperti Kolam Rendam

Kamu suka berendam? Maka kolam rendam bisa menjadi inspirasi desain kolam renang pribadi di rumahmu. Untuk kolam renang jenis ini kedalamannya sebaiknya mencapai 1 hingga 1,5 meter agar seluruh tubuhmu bisa terendam.

Tak hanya desain kolam renang di atas saja, kamu tetap bisa mengkreasikan beberapa bentuk lain yang kira-kira sesuai dengan konsep rumah kamu. Saatnya berkreasi dan wujudkan kolam renang minimalis idealmu! Oh ya, jangan lupa pastikan kamu menggunakan jasa pembuatan kolam renang profesional untuk mewujudkan kolam renang impianmu, ya. Selamat bersantai di kolam renang idaman!